Case IV : IMPLEMENTASI KNOWLWDGE MANAGEMENT PADA PERGURUAN TINGGI AGAMA ISLAM

Semua itu membutuhkan dukungan management knowledge yang tangguh. Adakalanya keinginan untuk tetap eksis atau sedikit perkembangan dapat dipenuhi dengan hanya memanfaatkan atau mengambil keuntungan dari kelemahan-kelemahan regulasi dan monev yang ada, atau berlindung pada sikap sosial non profesional dan ketidaktegasan (ke”baikhati”an atau “belaskasih”an) pemerintah semata. Namun langkah seperti itu selain tidak produktif, juga akan mudah tergoda dengan langkah-langkah tidak terpuji dan tidak standar. Langkah permanen yang perlu dilakukan ialah dengan mengadopsi atau mengadaptasi pengalaman dunia industri dan bisnis, yaitu dengan memperkuat knowledge management.

Sumber:

http://maksum.web.id/?p=8

Tanggapan:

Knowledge Management sudah menjadi sebuah kebutuhan, tidak hanya dunia bisnis atau industi saja yang membutuhkannya tetapi bidang pendidikan juga sudah harus memilikinya.

Belajar dari pengalaman dunia bisnis atau industri, beberapa langkah yang dapat dilakukan PTAI untuk memperkuat management knowledge adalah:

  1. Membangun dan Mengembangkan Tradisi Belajar
  2. Mengintensifkan Penciptaan Pengetahuan
  3. Menciptakan Ragam Komunitas
  4. Mengembangkan Knowledge Linkage
  5. Memantapkan Learning Organization

Dari data tersebut kita dapat mengetahui bagaimana sebuah Knowledge Management di bangun dalam dunia pendidikan yang pada akhirnya berguna dalam mengembangkan ilmu dan membangun peradaban Islam, PTAI bukan hanya harus tetap eksis, melainkan harus mampu berkembang dan menjadi tangguh untuk memenuhi tuntutan dan tantangan perubahan di era pengetahuan dan globalisasi ini. Untuk itu PTAI tidak dapat (lagi) menggantungkan pada kelemahan fihak lain dan kecerdasan memanfaatkannya. Yang diperlukan adalah kemampuan mengelola pengetahuan dan menjadikannya sebagai organisasi pembelajar.

Knowledge yang dibangun harus disusun dengan baik, dan harus mempunyai strategi-strategi yang  berguna untuk mendapatkan knowedge yang lebih optimal, dan dapat tersalurkan dengan baik.

Pages: 1 2

Leave a Reply