Tugas Personal V

Question:bukanmenterjemahkan sesuai dengan isi slide).

Berikan penjelasan dan sertai dengan contoh atau alasan untuk mendukung pandangan anda tentang aspek-aspek berikut :

(perhatikan untuk menjelaskan dan 

1. Dari setiap stakeholder yang terkait dengan perusahaan, berikan paparan anda knowledge apa saja yang bisa kita integrasikan dalam Knowledge Management perusahaan (lebih baik dalam bentuk contoh).

Jawaban:

Ada tiga knowledge yang dapat diintegrasikan ke dalam KM perushaan diantaranya:

–          Product Knowledge, kita dapat mengintegrasikan knowledge-knowledge yang ada, baik dari segi pembuatan, maupun dalam hal strategi pengembangan product sehingga menghasilkan sebuah kreatifitas maupun inovasi yang baru. Sehingga sebuah product berperan penting dalam sebuah perusahaan sehingga perlu diintegrasikan dalam sebuah KM perusahaan, dimana bertujuan dalam menghasilkan sebuah product yang dapat memiliki daya saing yang tinggi.

–          Customer Knowledge, pelayanan yang terbaik merupakan sebuah kunci keberhasilan dalam pengembangan sebuah perusahaan. Dengan pengintegrasian yang baik berupa tanggapan atau respon serta pengambilan sebuah keputusan yang cepat dan tepat di KM maka dapat mempercepat pengembangan sebuah perusahaan atau organisasi.

–          Managerial Knowledege dimana segala keputusan-keputusan yang diambil dengan cepat dan tepat sangat berpengaruh dalam menghasilkan sebuah keputusan yang berkualitas. Sehingga dapat dibuat menjadi strategi-strategi bisnis baru yang lebih menjanjikan. Knowledge yang terintegrasi sangat diperlukan sehingga dapat menularkan knowledge yang berkualitas kepada para manager sehingga dapat mengambil sebuah keputusan atau strategi yang diharapkan perusahaan.

2. Berikan paparan dalam menyusun team yang diperlukan dalam membangun sebuah KM. Jelaskan fungsi dan peran dari pemilihan anggota team dan dasarnya

Jawaban:

Penyusunan team yang diperlukan dalam membangun sebuah KM:

Kita harus bisa mengidentifikasi orang-orang kunci dalam KM, termasuk para karyawan yang mungkin menjadi para “champions” yang potensial (maksudnya yang menjadi karyawan pilihan dalam memulai proses sharing ini).

Dalam hal seleksi kita dapat melihat dari berbagai sudut, berupa pengalaman yang dimiliki, spesifikasi keilmuan yang jelas yang pasti harus sesuai dengan konsep KM yang akan disusun maupun dikembangkan. Keilmuan yang cukup maksudnya paling tidak harus menguasai bidang KM yang akan dibangun.

Diperlukan juga dukungan dari jaringan penting di perusahaan khususnya dari para eksekutif inti (termasuk presiden, pengawas / komisaris, para chief di jajaran atas, CIO, kepala dari bagian penelitian, Dekan atau kepala departemen). Disini juga termasuk karyawan berpengaruh lainnya dan para pekerja yang mengandalkan knowledge lintas departemen dan fungsi.

Dalam menyusun sebuah team, kita harus memperhatikan berbagai sudut pandang yang diperlukan dimana harus disesuaikan dengan kebutuhan. Kita juga harus dapat melihat mana orang yang bisa menjadi pemimpin mana yang hanya sebagai anggota dengan seleksi yang maksimal. Dimana perlu diketahui knowledge masing-masing anggota team sehingga kita tidak salah pilih dalam hal penempatannya.

3. Berikan usulan anda yang jelas untuk membangun kebiasaan sharing di budaya indonesia. Usulan bisa dalam kontek masyarakat, pendidikan, organisasi atau perusahaan.

Jawaban:

Usulan yang dapat kita berikan dalam membangun kebiasaan sharing di budaya indonesia dapat berupa:

–          Memberikan pengetahuan yang jelas tentang konsepnya serta keuntungan-keuntungan apa saja yang diperoleh dengan kebiasaan sharing.

–          Menanamkan kebiasaan yang baik dan berguna berupa share pengetahuan dengan membiasakan diri untuk saling bertukar pikiran dan berbagi ilmu pengetahuan

–          Memberikan pengetahuan tentang pentingnya kebiasaan sharing yang pada akhirnya bertujuan untuk kemajuan bersama.

–          Membiasakan diri tidak pelit ilmu

–          Adanya wadah atau sebuah tempat dimana masyarakat dapat sharing sehingga diperlukannya sebuah fasilitator untuk dapat menampungnya.

4. Berikan paparan perbedaan dan hubungan antara 4 perspektif yang ada dalam Balance Scorecard. Sertakan dengan contoh !!

Jawaban:

Hubungan antara 4 perspektif yang ada dalam Balance Scorecard:

–          Financial: dimana perspektifnya dari segi value yang masuk maupun keluar, sehingga dalam pengambilan keputusannya perlu diperhatikan dari segi keuntangan atau kerugiannya.

Contohnya:

Dengan melihat laba bersih yang didapat

–          Pelanggan: dimana perspektifnya masukan-masukan yang ada dari customer di tampung dan diproses sehingga menghasilkan sebuah product atau pun pelayanan yang lebih baik lagi, sehingga customer merupakan perspektif yang juga perlu diperhatikan.

Contohnya:

Hasil-hasil complain maupun komentar customer

–          Proses bisnis internal: dimana perspektifnya perbaikan-perbaikan bisnis internal terlebih dahulu sebelum ke eksternal sehingga menjadi sebuah prioritas yang dibutuhkan.

Contohnya:

Adanya kreatifitas maupun inovasi baru pada proses bisnis internal

–          Pembelajaran dan pertumbuhan bisnis: dimana perspektifnya bagaimana cara yang akan dilakukan untuk dapat meningkatkan pertumbuhan  sebuah bisnis.

Contohnya:

Semakin meningkatnya knowledge yang dimiliki karyawan

5. Apa saja isi dari sebuah KM yang menurut anda diperlukan oleh perusahaan di Indonesia, berikan alasannya.

Jawaban:

KM yang diperlukan oleh perusahaan di Indonesia:

–          Pengenalan konsep tentang KM itu sendiri, dimana perusahaan Indonesia perlu adanya pengenalan tentang KM itu sendiri dimana apa kegunaannya baik bagi pekerja itu sendiri maupun bagi perusahaannya. Sehingga dapat diambil inti sari serta menambah motivasi untuk pengembangannya.

–          Kebiasaan untuk transfer maupun share knowledge dalam perusahaan dimana sehingga perlu dibangunnya fasilitator-fasilitator untuk menampung dan menyebarkan knowledge yang ada.

–          Penataan knowledge yang baik, atau pendokumentasian yang baik agar baik dari data, informasi maupun yang telah menjadi knowledge tidak hilang.

–          KM yang ada dapat termanfaatkan dengan maksimal. Dengan memberikan fasilitas yang mudah untuk mengaksesnya. Baik dengan cara pembuatan blog, dsb.

Leave a Reply